Rabu, 23 November 2016

Cara memainkan kacapi

Mengenal Alat Musik Kecapi Asal Sunda Jawa Barat

Alat musik kecapi berasal dari negara China dengan nama Guzheng. Alat musik ini sampai ke masyarakat Indonesia tepatnya ke tanah sunda.

Kecapi sunda biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang – tembang sunda, mamaos cianjuran dan kecapi suling. Umumnya kecapi sunda dipakai untuk mengiringi lagu – lagu yang lembut dan mendayu.

1 .Bentuk Kecapi

kecapi perahu dan kecapi siter
wikimedia.org
Berdasarkan bentuknya, kecapi ada dua macam yaitu Kecapi Parahu dan Kecapi Siter. Kecapi perahu memiliki bentuk yang menyerupai perahu. Terdapat lubang dibawahnya sebagai resonator yang memungkinkan suara keluar.

Sisi-sisi kecapi disambung dengan menggunakan lem. Sedangkan pada jaman dahulu, kecapi dibuat langsung dari bongkahan kayu yang di pahat.

Kecapi siter memiliki bentuk yang lebih ramping yakni berbentuk bidang rata yang sejajar. Sisi bagian atas dan bawahnya dibentuk mengikuti bangun trapesium. Sama seperti kecapi perahu, kecapi siter juga mempunyai lubang resonator di bawahnya.

Keduanya menggunakan dawai yang diikatkan pada sekrup kecil di bagian kanan kotak. Sekrup – sekrup ini berfungsi sebagai kontrol, mereka bisa diatur ke berbagai sistem, baik itu pelog, salendro atau madenda.

2. Cara Membuat Kecapi

cara membuat kecapi
alampedia.blogspot.com
Bahan baku pembuatan kecapi yaitu kayu kenanga dan kayu ini cukup jarang ditemukan. Kayu kenanga direndam terlebih dahulu selama kurang lebih tiga bulan sebelum digunakan.

Potongan-potongan kayu yang telah di ukur disambung dengan menggunakan lem. Untuk senarnya bisa menggunakan kawat baja.

Jaman dulu kecapi dibuat dengan menggunakan senar dari kawat kuasa yakni logam campuran dari emas dan tembaga. Tapi harganya sekarang pasti mahal, jadi cukup menggunakan kawat baja saja.

3. Cara Memainkan Kecapi
cara memainkan kecapi siter
http://catskillgamelan.org/
Berdasarkan fungsinya dalam mengiringi musik, kecapi terbagi dua yaitu Kecapi Indung dan Kecapi Rincik. Kecapi indung digunakan untuk memimpin musik dengan cara memberikan intro, bridges, interlude dan menentukan tempo. Kecapi indung berukuran besar dan menggunakan 18 atau 20 dawai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar