Selasa, 29 November 2016

4 alasan pilih jurusan bahasa

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Bahasa di SMA

January 4, 2016 Tips
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Bahasa di SMA

Memasuki kelas XI SMA, kamu diharuskan untuk memilih salah satu dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Penjurusan tersebut dimaksudkan agar kamu dapat lebih fokus belajar. Biasanya, mayoritas murid akan memilih jurusan IPA atau IPS, membuat Bahasa menjadi jurusan yang dipandang sebelah mata. Padahal, jurusan tersebut tidak kalah bagus dari IPA dan IPS. Masih ragu? Coba baca alasan-alasannya di bawah ini.

1. Tidak Hanya Belajar Karya Sastra

Ada anggapan yang merebak di masyarakat bahwa jurusan bahasa hanya berkutat dengan karya sastra. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat bahwa karya sastra memang menjadi salah satu materi dalam jurusan Bahasa. Tetapi, untuk mengerti sebuah karya sastra, tidak jarang kamu perlu untuk belajar ilmu-ilmu lain, seperti sosiologi dan psikologi. Kamu juga tentu akan belajar mengenai grammar dari tiap bahasa yang menjadi mata pelajaranmu.

2. Bekal dan Modal untuk Bekerja

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah perusahaan akan mencari orang yang mampu berbahasa Inggris untuk diangkat sebagai pegawai. Tapi, bagaimana jika kamu memiliki keahlian bahasa lain? Tentu hal tersebut akan menjadi nilai tambahan tersendiri. Mungkin nantinya kamu akan berhadapan dengan rekan kerja dari Tiongkok atau Jepang, kamu tidak akan merasa kewalahan. Kamu juga tidak perlu mengikuti les bahasa di luar sekolah lagi.

Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Keren di SBMPTN untuk Mengasah Otak dan Hati

3. Jauh-Jauh dari Angka

Suka merasa pusing saat berkutat dengan angka? Mungkin memang seharusnya kamu harus mengambil jurusan Bahasa. Memang, kamu masih akan bertemu dengan Matematika, mengingat bahwa mata pelajaran tersebut termasuk dalam Ujian Nasional. Tapi, kamu tidak akan mengutak-atik rumus dalam Fisika dan Kimia. Sedangkan, jurusan IPS juga masih mengaharuskan kamu untuk bertemu dengan mata pelajaran Akuntansi. Menggiurkan, bukan, jauh-jauh dari angka dan rumus yang membingungkan?

4. Jumlah Saingan yang Tidak Begitu Banyak

Coba lihat berapa banyak teman-teman seangkatanmu di sekolah yang memilih untuk masuk jurusan Bahasa? Jumlahnya bahkan mungkin tidak mencapai separuh murid yang memiih IPA dan IPS. Hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri. Kamu jadi tidak perlu bersaing dengan terlalu banyak anak dalam hal akademis. Dan, biasanya, jurusan dengan jumlah murid yang lebih sedikit cenderung lebih erat dan kompak dengan satu sama lain. Suasana belajar pun pasti jadi lebih menyenangkan.

Jadi, apa kamu masih menganggap Bahasa sebagai jurusan yang tidak keren? Sebenarnya, semua jurusan yang ada di SMA tentu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada jurusan yang lebih buruk dari lainnya. Apapun jurusan yang kamu masuki nanti, pilih dengan bijak, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar